Tuesday, January 29, 2013

Cara Mengatasi Error 404 di Browser

Cara Terbaik Mengatasi Error 404 - Page Not Found atau halaman tidak di temukan adalah penyebab ERROR 404. Error ini termasuk salah satu masalah serius pada blog yang harus segera di atasi. Jika anda ingin membuat breadcrumbs lebih cepat terindeks, mengatasi Error 404 adalah prioritas utama. Apabila anda ingin tampil dan bertahan di halaman depan hasil pencarian, ERROR 404 harus segera di atasi.


Penyebab dan cara Mengatasi Error 404

Penyebab utama ERROR 404 ini adalah postingan atau artikel yang telah terindeks oleh google lalu kita hapus dari blog. Ketika seseorang menemukan artikelnya di hasil pencarian, linknya akan menuju ke blog tapi halaman tidak di temukan karena Artikelnya sudah di hapus.

cara terbaik, simpel, cepat, praktis, efektif dan mudah untuk mengatasi error 404 atau halaman tidak ditemukan pada blogspot
Gambar 1 : Cara Terbaik Mengatasi Error 404 Pada Blog


Link error berikutnya berasal dari artikel lain yang di blog yang telah bemberi link ke halaman artikel yang telah di hapus. Selain itu, bisa saja blogger lain telah membuta link dari blognya menuju ke halaman artikel yang telah terhapus tersebut.

Artinya, ada 1 penyebab utama dan 3 sumber datangnya error 404 pada blog. Penyebabnya adalah Artikel yang telah di hapus, dan sumber datangnya error yaitu:
  1. Dari hasil pencarian karena artikel terlanjur terindeks
  2. Dari artikel lain yang memberi link ke artikel yang telah di hapus
  3. Dari blog lain yang memberi link ke artikel yang telah di hapus

Mengatasi Error 404

Untuk mengatasi sebuah masalah, cara terbaik adalah langsung dari sumbernya, betul ???
Sumber utama datangnya error 404 ada 3, berarti setidaknya diperlukan 3 cara untuk mengatasinya.

  1. Sumber error 404 yang pertama harus diatasi dengan menghapus setiap url artikel dari indeks serach engine google dan Bing. Semakin banyak artikel yang telah di hapus dari blog, semakin banyak juga URL terindeks yang harus segera di hapus. Ini adalah cara terbaik yang harus di lakukan agar Blog kembali sehat bugar. Masasalahnya, cara ini butuh waktu paling cepat 3 - 4 hari. Selain itu tutorialnya harus saya bahas di artikel lain agar artikel ini tidak terlalu panjang.
  2. Sumber error 404 kedua juga bisa di atasi dengan trik dari Blogger Bugis. Waktu yang di butuhkan untuk mengatasi sumber error kedua ini sedikit lebih cepat dari sumber error pertama. Tutorial selengkapnya akan saya tulis di artikel lain.
  3. Sumber Error 404 ke tiga merupakan sumber error yang paling susah karena kita tidak bisa menghapus link di Blog milik orang lain yang mengarah ke artikel blog kita yang telah di hapus. Karena tidak bisa di hapus, cara terbaik adalah dengan mengalihkan tujuan link.

Cara ini terbukti ampuh, cepat, dan praktis bahkan bisa mengatasi sumber error pertama dan kedua. Dengan mengalihkan tujuan link yang artikelnya telah di hapus, maka tidak ada lagi error 404 di blog. Pengunjung juga tidak akan terlalu kecewa karena tidak menemukan artikel yang di cari karena kemungkinan akan menemukan artikel lain yang lebih menarik.

Meskipun demikian, untuk kepertingan Optimasi SEO, sumber error pertama dan kedua tetap harus di atasi dengan caranya masing masing. Sebagai langkah awal, cara ketiga harus segera di lakukan agar tidak ada lagi error 404 pada blog.

Caranya :
cara terbaik, simpel, cepat, praktis, efektif dan mudah untuk mengatasi error 404 atau halaman tidak ditemukan pada blogspot
Gambar 2 : Cara Terbaik Mengatasi Error 404 Pada Blog

  • Masuk ke dasbord blog lalu klik tanda panah hitam kecil mengarah ke bawah yang ada di sebelah kiri tombol "Lihat Blog".
  • Pilih "Setting / Setelan"
  • Klik "Preferensi Penelusuran"
  • Klik Edit pada bagian "Pesan Ubahsuaian untuk Laman Tidak Ditemukan"
  • Masukkan kode di bawah ini pada kotak yang tersedia :
<script type="text/JavaScript">
location.replace('http://www.bloggerbugis.com/');
</script>
<a href='http://www.bloggerbugis.com'>Click Disini</a>
  • Klik "Simpan Perubahan".
  • Selesai.
Jangan lupa mengganti kode yang berwarna merah dengan URL blog anda !!!
3 baris kode pertama akan mengalihkan error 404 ke halaman beranda blog.
Kode baris terakhir akan menjadi link ke halaman utama jika pengunjung tidak mengaktifkan JavaScript browsernya.

Dengan cara ini, maka tidak ada lagi error 404. Semua artikel yang tidak di temukan akan langsung di alihkan ke halaman utama blog.

No comments:

Post a Comment